20 - 28 Maret 2012 (part 3)


Bagi jamaah haji dan umroh pada tahun 2016 mendatang, betapa megahnya perluasan Masjidil harom di Mekkah. Dan bahkan pada tahun 2014 jalur kereta api sudah beroprasi.

Sejak tahun ini, trasportasi kereta api sudah digunakan meski masih dalam tahap ujicoba dan penumpang hanya terbatas.
Rutenya baru Mekkah ke Muzsalifah,Arafah dan Mina. Katanya megah proyek ini akan menghabiskan senilai Rp.7,5 Triliun, yang menghubungkan jalur kereta api dari Jeddah ke Madinah,Mekkah,dan Abyar Ali.
Mega proyek kereta api ini secara keseluruan terdiri dari lima lintasan yang akan menampung 60 sampai 80.000 penumpang(jamaah haji) antara Mina,Arafah dan Muzdalifah.
Apabila mega proyek ini selesai, maka sekitar 50.000 mobil dan bis tidak diperlukan lagi.



Dan yang tak kalah lagi adalah, perluasan Mesjidil Haram,Makkah.Dan diperkirakan menghabiskan sekitar 91 Triliun. Target selesai 2016, perluasan ini akan menghubungkan pintu keluar masjidil haram dengan jalur sai, antara Safa dan Marwah dengan serangkaian jembatan.
Sejumlah penyejuk ruangan dan tangga berjalan juga akan dipasang. Dengan adanya kereta api cepat yang menghubungkan kedua tanah suci Makkah dan Madinah tersebut diharapkan akan mampu mengatasi lonjakan jamah hajji dan umroh yang berkunjung di arab saudi,setidaknya
mulai tahun 2014 nanti. Insya Alloh dengan perluasan masjidil haram akan memberi peluang bertambahnya kuota haji bagi indonesia. Semoga.....




View Larger Map

0 comments:

Posting Komentar